Teman Dekat

Setiap dari kita pasti memiliki teman. Terlebih teman dekat. Sebagai tempat berbagi, sebagai tempat saling menyemangati. Bagi seorang muslim, ada satu fungsi teman yang lain, sebagai tempat saling menasihati. Berbagi nasihat dalam hal kebenaran dan kesabaran.

Lingkungan di sekitar kita, terutama teman dekat, memiliki andil yang cukup besar dalam membentuk kepribadian kita. Jika Rasul pernah mengumpamakan besarnya pengaruh teman dekat ini dengan tularan bau dari pandai besi dan penjual parfum, maka memang seperti itulah adanya. Seseorang yang sering bergaul dengan pandai besi, sadar atau tidak, ia akan turut memiliki bau besi. Seseorang yang sering bergaul dengan penjual parfum, sadar atau tidak, ia akan tertular wangi parfum.

Dalam hal pertemanan biasa, memang kita harus memiliki ragam teman yang cukup banyak. Karena dari mereka kita bisa mempelajari variasi pola pikir, gaya bicara, cara pandang, juga sikap. Agar khazanah hidup kita semakin meluas dan kamus pengalaman kita semakin banyak. Bahkan sebuah pepatah berkata, seribu teman sejatinya masih sangat kurang.

Lain hal dengan teman dekat. Kita diajarkan untuk bisa berlaku bijak dalam memilih teman dekat. Bukan untuk diskriminasi atau meninggikan hati, melainkan untuk memastikan kebaikan yang didapat dan ditularkan diri kita, senantiasa terjaga. Selain itu, teman dekatlah yang akan dengan senang hati mengingatkan, suka rela mendengarkan, dan siap siaga membantu kita di setiap kesempatan. Insya Allah.

Memilih teman dekat yang baik, artinya menentukan sesuatu yang baik di hadapan. Tidak hanya baik secara perilaku, namun juga baik secara pemikiran dan hati. Mereka yang kesehariannya dihiasi kebermanfaatan, mereka yang di dalam pikirannya dihinggapi pandangan jauh ke depan, mereka yang hanya menjadikan Allah satu-satunya harapan.

Tidak akan mudah menemukan teman dekat yang senafas juga baik dalam banyak hal, jika kita tidak dengan sengaja berinisiatif untuk mencari. Lingkungan yang insya Allah baik sudah bertebaran di sana-sini sekarang. Hanya kesediaan hati untuk mencari dan menemukan lingkungan itu yang dibutuhkan kita saat ini. Tak lupa, pinta pada Allah agar didekatkan dengan teman dekat yang baik, serta tekad untuk menjadi teman yang baik bagi orang lain, juga tak kalah penting.

Satu pesan, luangkanlah waktu bersama mereka, teman dekat kita yang kita cinta. Berilah hadiah pada mereka sekalipun hanya senyum simpul atau bingkisan sederhana. Berbagi kisahlah dengan mereka, dengarkanlah nasihat mereka, bantulah mereka dikala mereka membutuhkan. Mendapat teman dekat yang baik diawali dengan menjadi teman dekat yang baik.

Selamat menjumpai teman dekat, yang dengan harap dapat membersamai kita di syurga kelak.

Komentar

Site Footer

%d bloggers like this: