Mengisi Teko

Saya pikir, menulis itu adalah hal yang menyenangkan. Dengan menulis, kita bisa berjalan-jalan bebas dalam ruang pikirannya sendiri. Bisa bermain dengan imajinasi, berkreasi dengan ide, dan bertukar pikiran dengan pelajaran hidup. Atau bahkan mungkin bisa melakukan ketiganya dalam satu waktu. Menurut saya, itu keren banget.

Dan yang lebih menyenangkan daripada itu adalah dengan menulis kita bisa berbagi. Berbagi rasa, berbagi pengalaman, berbagi ilmu, berbagi inspirasi, berbagi hikmah kehidupan. Sehingga luasnya cakrawala dan tingginya pelajaran hidup tidak hanya dinikmati oleh kita sendiri, tetapi juga bisa dirasakan orang lain.

Namun, satu hal yang sering terabaikan adalah mencari sumber inspirasi untuk menulis.

Seperti halnya teko. Teko takkan bisa menuangkan air pada gelas-gelas yang menganga jika teko tersebut tak terisi air kan? Begitupun dengan tulisan. Tulisan tak akan dapat memberikan inspirasi untuk pembaca jika tak diisi oleh sumber inspirasi yang layak. Sekali lagi, sumber inspirasi yang layak. Sebuah tulisan, berjenis apapun itu, layak dituangkan dari sumber inspirasi yang mampu menggerakkan pembaca.

Sumber inspirasi bisa didapat dari manapun. Hasil review buku, perenungan kejadian yang dialami setiap hari, konklusi perbincangan dengan sahabat atau guru, notula majelis ilmu, pergolakan emosi yang mereda, atau buah kontemplasi diri sendiri adalah beberapa contoh diantaranya. Sumber inspirasi berlaku sebagai bahan dasar tulisan yang diracik oleh ruang pikiran kita untuk dituangkan kembali menjadi secangkir tulisan yang hangat. Yang layak disantap oleh siapapun yang membacanya.

Mengkreasikan tulisan yang baik termasuk menghargai pembaca. Karena pembaca, siapapun itu, layak dijamu dengan jamuan terbaik berupa tulisan yang menggugah. Dan semua itu diawali dengan mengisi teko yang menjadi ruang pikiran kita dengan sumber inspirasi. Agar rasa yang disisipkan dalam tulisan tak hanya sekedar rasa, namun juga berpadu dengan inspirasi yang mampu menggerakkan.

Komentar

Site Footer

%d bloggers like this: