Mencermati Tulisan

[dropcap letter=”D”]i saat kosong inspirasi untuk menulis, atau merasa hampa di waktu luang, itulah waktu dimana mencermati tulisan orang lain adalah saat-saat yang menyenangkan. Mencermati konten, mencermati alur berpikir si penulis, mencermati diksi dan gaya bahasa yang ia gunakan, dan yang pasti, mencermati hikmah dan atau inspirasi yang bisa dipetik dari sana.

Setiap orang dilahirkan dengan keunikannya masing-masing. Setiap orang juga dibesarkan dalam keberagaman di lingkungannya masing-masing. Setiap orang punya tujuan hidup, interest, passion, fokus studi, yang juga sifatnya masing-masing. Tak akan pernah ada yang sama satu sama lain. Saat semua itu disatufrekuensikan dengan apa-apa yang telah ia baca dan apa-apa yang pernah ia alami, maka lahirlah tulisan-tulisan yang selalu menawarkan insight berbeda setiap kali membacanya.

Itulah mengapa, tak ada hal yang tak layak untuk ditulis. Semua hal ㅡseremeh apapun ituㅡ akan selalu punya hal yang bisa ditangkap dan dicerna. Entah itu berupa pesan, hikmah, atau inspirasi yang sadar atau tak sadar memengaruhi si pembaca. Seminimalnya, si pembaca tahu akan sesuatu. Terlebih lagi, jika tulisan itu nyatanya bisa merubah pola pikir dan tindakan si pembaca menjadi semakin bijaksana, ada nilai tak tergantikan tersemat di sana. Nilai jariyah.

Terlepas dari genre tulisannya, setiap tulisan selalu punya hal menarik untuk dibaca. Ada tulisan dengan bahasa yang sedikit dipuitisasi. Bagi mereka pecinta diksi, tulisan ini memberikan warna lain dalam menjalani hari. Ada tulisan yang dirangkai dalam bentuk kisah. Selalu penasaran akan pesan tersirat, jika bertemu tulisan semacam ini. Ada tulisan seperti luapan dalam buku diary. Membuat si pembaca serasa ikut mengalir bersama tulisannya. Ada tulisan lain yang disusun dari bahasa bebas si penulis. Tak terikat EYD, tak terpaku bahasa formal, namun mampu membuat si pembaca tersenyum bahkan hingga terbahak-bahak.

Alur berpikir dan bagaimana si penulis menuangkan isi pikirannya dalam tulisan adalah magnet yang selalu menarik hati dan membuat penasaran. Karena dari sanalah serpihan hikmah kehidupan ㅡbaik yang tersurat maupun tersiratㅡ dapat diserap.

Satu hal lagi. Tak selamanya kebijaksanaan terlahir dari pengetahuan dan pengalaman yang didapat dan dialami sendiri. Untuk meningkatkan kebijaksanaan dalam memaknai hidup, menyerap dan belajar dari pengetahuan dan pengalaman orang yang lain pun tak kalah penting. Dan tulisan adalah media terasyik dalam menyerap itu semua.

Ya. Itulah mengapa, mencermati tulisan orang-orang adalah hal yang menyenangkan.

 

3 comments: On Mencermati Tulisan

Komentar

Site Footer

%d bloggers like this: