Kisah Tak Terduga

Dunia ini menarik bukan?

Menyimpan sejuta misteri yang bahkan kita sendiri tak dapat menebak secara pasti apa yang akan terjadi. Bahkan untuk satu detik ke depan sekalipun. Kejadian apa yang akan muncul, respon apa yang akan diterima, sesuai dengan apa yang telah dirancang atau tidak, semua berstatus misteri. Kadang sesuai dengan ekspektasi, kadang juga tidak. Namun, itu hal yang wajar. Terlalu sombong jika kita merasa dapat mengatur apa yang akan terjadi. Terlalu tak tahu malu jika kita menginginkan semua terjadi sesuai harapan.

Diantara sejuta misteri yang ada di sekeliling kita ini, pernah tidak bertemu dengan  hal yang tak pernah diduga sebelumnya akan terjadi? Hal yang membuatmu berpikir, “oh ternyata untuk ini ternyata selama ini aku begini”?

Terkadang kita baru menemukan makna dari kisah yang kita jalani setelah beberapa lama kisah itu kita lalui. Mungkin di awal atau di tengah kisah itu, kita tidak menemukan apa maksud dan kemana skenario itu akan bermuara. Atau bahkan mungkin tidak terpikirkan sama sekali. Namun, ternyata setelah beberapa waktu, entah itu dalam beberapa hari, bulan, atau bahkan tahun, semua kisah yang pernah kita lalui itu seperti membentuk suatu rangkaian. Rangkaian yang tiba-tiba menunjukkan titik terang berupa makna dari kisah yang selama ini dilalui.  Dan terkadang makna itu berupa  hal tak terduga yang membuatmu tak berhenti mengucap rasa syukur.

Luar biasa memang skenario Allah. Logika manusia takkan sampai dan takkan pernah sampai dengan logika Allah.

Sekarang semakin yakin, bahwa setiap alur hidup yang dilalui pasti mengandung kebaikan. Mungkin kebaikan itu baru menunjukkan batang hidungnya setelah beberapa hari, beberapa bulan, atau mungkin beberapa tahun ke depan. Yang pasti, husnuzhon dengan skenario Allah, ikhtiar maksimal, dan hujan do’a di setiap kesempatan harus senantiasa menjadi agenda harian.

Wallahu’alam

 

Cimahi, 6 Juli 2013

Komentar

Site Footer

%d bloggers like this: