Goresan Dalam Senandika Ganesha

Senandika Ganesha adalah ide sederhana yang terealisasi. Berisi himpunan senandika-senandika dari seluruh elemen yang ada dan pernah ada di KM-ITB. Agar Senandika-Senandika itu tidak hilang begitu saja; karena siapa tau cerita-cerita itu dapat menginspirasi dan menjadi pemacu bagi pemuda-pemudi yang diamanahkan gelar anak terbaik bangsa, maupun mengingatkan diri kita sendiri akan mimpi dan cita diri. –Senandika Ganesha Website

Beberapa bulan yang lalu, sempat dibuka sebuah kesempatan bagi seluruh massa KM ITB untuk menuliskan gagasannya tentang ber-KM ITB. Saat itu, penyelenggara mengumumkan bahwa semua tulisan itu akan dihimpun dalam satu kumpulan yang diberi nama “Senandika Ganesha“.

Awal, sempat ragu untuk turut partisipasi dalam tawaran ini. Lagi-lagi karena saya merasa tidak percaya diri. Saat itu pikiran saya mengatakan bahwa saya terlalu dini untuk beropini tentang dunia kampus. Tidak sepenuhnya salah juga tidak sepenuhnya benar. Saya memang bisa dikatakan masih berumur jagung muda di dunia kemahasiswaan kampus. Tapi sebenarnya hal itu tidak menjadi sebuah batasan untuk saya menelurkan gagasan kan?

Kembali diingatkan oleh sisi saya yang lain, bahwa tidak penting apa pandangan orang terhadap saya. Karena memang saya tidak dilahirkan untuk itu. Justru ini bisa menjadi salah satu media eskalasi diri menjadi lebih baik. Jika ternyata orang-orang berpandangan ini dan itu, ya sudah, memang saya seperti itu. Apa adanya.

Akhirnya saya memutuskan untuk ikut partisipasi dalam Senandika Ganesha ini. Tulisan saya dan kawan-kawan lain –yang tentunya lebih keren dan lebih hebat– dapat diunduh di sini : Senandika Ganesha.

Tetes keringat yang keluar, air mata yang tertumpah, dan waktu yang berjalan ini selalu menjadi saksi yang mengamini dalamnya pembelajaran yang tersemat di setiap keberjalanan kita ber-KM-ITB.

Komentar

Site Footer

%d bloggers like this: