Daehan’s Dol

Tepat di hari dimana Daehan genap satu tahun 27 Mei lalu, Orinijib tempat Daehan bermain mengadakan first birthday party buat Daehan. Orinijib nya baik banget lah mau ngadain perayaan ulang tahun buat Daehan. Semuanya pihak Orinijib yang siapin. Kami gak dimintai udunan sepeserpun sama Orinijibnya, walau sempet kepikiran bakal ditagih. Haha. Lagian kami mah ga kepikiran sama sekali mau buat begituan.

Perayaan ulang tahun pertamaDol (돌) atau Doljanchi (돌잔치) dalam istilah Korea, adalah momen yang cukup sakral bagi para orang tua di Korea. Zaman dahulu kala, sebelum ilmu kedokteran modern seperti sekarang, banyak bayi-bayi Korean yang meninggal sebelum usia 1 tahun. So, ketika bayi mereka sampai di usia 1 tahun, bagi mereka momen itu adalah momen penuh kebahagiaan. Sehingga di momen itu, para orang tua berdoa ke dewa-dewa mereka, Shamsin (the birth goddess) dan Shansin (the mountain god), untuk meminta kebahagiaan, kehidupan yang panjang, dan kebaikan masa depan anaknya. Mereka juga menyiapkan semacam ‘sesajen’ dari berbagai jenis makanan dan cemilan tradisional Korea dalam satu meja dan mengadakan semacam ritual untuk meramal masa depan anaknya. Dan tradisi itu masih terus ada hingga sekarang.

Di kalangan menengah ke atas, kadang party nya gak tanggung-tanggung. Undang banyak tamu ke wedding hall atau buffet restaurant dengan parasmanan komplit, dari cemilan sampe main dish. Dari raw fish sampe olahan daging. Ditambah minuman dan desert lainnya. Pengalaman datang ke Dol-nya anaknya temen, serasa datang ke hajatan tapi modern style. Tersedia pilihan makanan yang super komplit. Sampe bingung mau makan yang mana dulu wakaka. Karena waktu itu dateng di akhir-akhir, jadi harus rada behave, soalnya orang yang ada di sana tinggal dikit. Gak enak juga kalo kelihatan rakus. Unfortunately.

Biasanya, perayaan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah sesi sakral seperti yang sudah diceritakan sebelumnya. Di sesi ini, bayi memakai hanbok, baju tradisional Korea. Dia didudukkan di depan meja yang berisi macam-macam makanan kemudian orang tua berdoa untuk anak mereka. Setelah itu dilakukan ritual Doljabi (돌자비), dimana bayi dihadapkan pada berbagai macam objek. Objeknya bervariasi bergantung tradisi masing-masing daerah. Ritual ini adalah ritual inti dari perayaan ulang tahun mereka. Dalam tradisi mereka, pilihan pertama si bayi atas objek-objek itu menentukan masa depan si bayi kelak. Semisal, jika si bayi memilih:

  • Kuas, dia akan menjadi seniman
  • Uang atau ricecake, dia akan menjadi orang kaya
  • Tamborin atau alat musik lainnya, dia akan menjadi musisi
  • Bola atau alat olahraga lainnya, dia akan menjadi atlit
  • Buku dan semacamnya, dia akan menjadi akademisi
  • Pisau, dia akan menjadi koki
  • Benang, dia akan hidup lama
  • Stetoskop, dia akan jadi dokter
  • Jujube (buah), dia akan punya banyak keturunan
  • Dll

Terakhir adalah berbagi makanan. Berbagi makanan pada kerabat, tetangga, dan teman dipercaya dapat memberikan nasib baik buat si bayi di masa depan. Sebenernya setiap jenis makanan yang dibagikan ada makna tersendiri, tapi tak hafal dan banyak juga yang udah sharing kayaknya.

Setelah sesi sakral selesai, untuk kalangan menengah ke atas, biasanya masuk ke sesi hiburan. Si bayi dan orang tua mengganti bajunya dari hanbok ke baju formal. Di sesi ini variatif setiap perayaan. Pada umumnya ada kuis tentang bayi yang sedang berulang tahun. Jika ada dari sekian banyak tamu yang hadir bisa jawab pertanyaan yang berhubungan dengan si bayi, maka tamu tersebut akan diberi hadiah. Selain itu juga biasanya ada hiburan dari entertainer.  Sesi ini mirip hajatan nikah kalo di Indonesia. Tamu dipersilakan menyantap hidangan sembari ngobrol satu sama lain.

Kembali ke Daehan.

Di Orinijib, Daehan juga dipakein hanbok dan diminta memilih satu diantara objek yang ada di hadapan dia. Guess what, apa yang dia pilih? Uang! Wakaka. Mungkin dia baru pertama kali liat uang. Atau emang di rumah sama sekali ga pernah dikasih uang ama emaknya. Makanya pilihnya uang haha.

Sedikit dokumentasi:

 

KakaoTalk_20160609_122111531
Dol Party

 

Doljabi
Doljabi

Leave a reply:

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer