Bacaan Awal Pernikahan

Pernikahan bukanlah sebuah hal yang kemudian dijalani begitu saja. Mengingat bahwa makna pernikahan tidak sesederhana itu. Mempersiapkan ilmu apa saja yang harus diketahui atau dikuasai sebelum menyelami lebih jauh pernikahan, menurut saya adalah sebuah keniscayaan yang harus kita lakukan. Semakin banyak ilmu yang kita tahu, semakin lengkap amunisi kita dalam menghadapi lika-liku kehidupan pasca pernikahan. Dengan banyaknya amunisi yang kita miliki, kita akan lebih siap menghadapi setiap kejadian tidak terduga yang muncul di depan, kan? 😀

Saya ingin berbagi buku apa saja yang menurut saya baik untuk dikonsumsi di masa awal pernikahan. Buku yang memberikan nutrisi yang cukup baik dalam menghadapi masa depan pernikahan. Di bawah ini ada serentetan buku yang telah dan sedang saya baca hingga saat ini. Sebagian besar suami’s point of view sih. Tapi tak apa-apa lah. Haha. Saya berharap, kawan-kawan yang baca juga dapat memberikan rekomendasi buku yang menurut kawan-kawan baik untuk diambil nutrisinya demi kehidupan pernikahan yang lebih baik di masa depan. Terutama rekomendasi dari para senior 😀

Here they are!

 

  • Bahagia Merayakan Cinta

bahagia merayakan cintaBuku yang ditulis oleh Salim A Fillah ini recommended banget lah buat persiapan pernikahan. Dikupas tuntas dari A sampai Z. Dari mulai persiapan pernikahan, malam pertama, memahami pasangan, interaksi dengan mertua dan keluarga lainnya, hubungan dengan masyarakat, hingga bagaimana menciptakan pernikahan yang berkah. Dibahas dari berbagai sisi : syariat, psikologi, hal yang umum terjadi di masyarakat.

Disertai tips, bagaimana melakukan dengan cara yang benar, dan pendapat serta fatwa para ulama. Buku ini juga dilengkapi dengan kisah-kisah inspiratif yang bisa dijadikan pembendaharaan hikmah. Dan yang pasti, semua berlandaskan pada paradigma Islam. Seperti ilmu yang diperlukan dari mulai pra, hari H, dan pasca di compact menjadi satu dan dituangkan dalam satu buku.

NB : kalo belum deket hari H jangan baca dulu, bisi mupeng! Wkwk

 

  • Men Are From Mars and Women Are From Venus

mfmwfvMemasuki masa awal pernikahan, satu sama lain merasa saling memiliki. Dari rasa yang tumbuh itu, masing-masing selalu berusaha untuk selalu ingin memahami. Namun terkadang, usaha untuk memahami tersebut tidak bersambut baik dari pasangan.

Ternyata memang, pria dan wanita memiliki cara untuk dipahami yang berbeda satu sama lain. John Gray menjelaskan, pria saat di Mars memiliki cara sendiri ketika ingin menyelesaikan masalah yang ia temui. Begitu pun dengan wanita saat di Venus.

Pria yang terkadang butuh menyendiri di gua nya seringkali ditangkap oleh pasangannya sebagai bentuk tidak sayangnya dia terhadapnya. Wanita yang ingin meluapkan apa yang dirasakannya seringkali ditanggapi oleh pasangannya dengan segudang solusi praktis, padahal bukan itu yang diharapkannya. Dan ketegangan dalam hubungan seringkali bermula dari sini. Dari hal-hal yang sebenarnya dapat dihindari jika pria dan wanita mau merendahkan hati dan ego untuk memahami budaya di planet pasangannya masing-masing.

Harus dibaca oleh kedua pasangan. Supaya proses memahami seperti gayung bersambut. Tidak bertepuk sebelah tangan. Percaya deh, bete nya istri atau males nanggepin nya suami kebanyakan bermula dari ga memahaminya psikologi dasar pasangan ini.

 

  • Catatan Ayah ASI

catatan-ayah-asiSetelah baca buku ini, menyadari bahwa pengetahuan tentang ASI harus diketahui sejak dini. Bahwa berbicara tentang ASI bukan hanya berbicara tentang Ibu dan bayinya, tetapi juga berbicara peran Ayah di dalamnya. Kegagalan menyusui adalah kegagalan ayah. Kesuksesan menyusui juga kesuksesan ayah. Ayah mengambil andil 50% dalam kesuksesan pemberian ASI terhadap bayinya nanti.

Seperti yang tertera di judulnya, buku ini merupakan pengalaman dari 8 orang ayah yang menyadari bahwa tidak ada yang lebih baik untuk nutrisi bayi selain ASI di masa-masa awal kelahirannya. 8 Ayah tersebut berbagi pengalaman saat mereka mempersiapkan persalinan hingga bayinya meneguk ASI.

Dibahas tentang pentingnya IMD, tips memilih Rumah Sakit “Ramah Ibu dan Bayi”, softcup yang lebih baik dari dot, kebutuhan apa saja yang disiapkan untuk istri dan bayi menjelang persalinan, penanganan ketika bayi lahir prematur, efek pemberian susu formula, bagaimana cara memperlakukan ASIP, pengaruh psikologi istri terhadap keluarnya ASI, dan lain sebagainya.

Buku wajib yang harus dibaca calon suami, suami, dan calon ayah. Agar bayinya tumbuh dengan baik. Tumbuh dengan nutrisi terbaik yang diciptakan untuk bayi, ASI.

 

  • Prophetic Parenting

prophetic parentingAnak adalah anugerah terbesar yang diberikan pada pasangan suami-istri. Membesarkannya tidak bisa dengan sembarangan cara. Sedikitnya itu yang saya pahami. Ada psikologi anak yang harus diperhatikan, ada cara terbaik yang dapat dilakukan. Membesarkan anak harus dengan visi, juga ajaran yang sesuai dengan syariat.

DR. Muhammad Nur Abdul Hafizh mengupas ilmu parenting dari sisi hikmah dari apa yang diajarkan Nabi. Bahwa kesalihan orang tua berpengaruh besar pada kecenderungan psikis anak. Bahwa nilai akidah dan akhlak adalah pondasi utama yang harus diajarkan pada anak. Bagaimana cara mempengaruhi akal dan jiwa anak, metode mendidik hingga usia dua tahun, dan metode mendidik ala nabi dibahas lengkap di buku ini. Bagus banget pokoknya.

Belajar parenting tidak harus dimulai ketika hendak punya anak. Bisa dibaca dari sekarang juga 😀

 

  • Buku Harian Ibu Hamil

buku-harian-ibu-hamil-scKetika istri sudah “berisi”, tentu perhatian terhadap istri harus ditingkatkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kondisi istri dan kesehatan janin. Menginjak trisemester awal masa kehamilan, hal-hal yang tak biasa muncul. Mual, sakit pinggang, pusing, keram perut, sembelit, malas beraktivitas seringkali ditemui di keseharian istri. Tidak heran, karena tiga bulan pertama kehamilan memang masa-masa penuh perjuangan. Baik bagi istri maupun suami.

Dibalik itu, ada suatu kesenangan tersendiri ketika bisa mengamati perkembangan dede bayi di dalam perut. Apalagi setelah memasuki masa kehamilan tua, dimana organ dede bayi sudah lengkap dan gerak-gerik dalam perut istri sudah terasa. Sepertinya, capek yang dirasa tidak sebanding dengan senang yang diterima.

Buku ini membahas bentuk dede bayi, deskripsi umum apa yang biasa dirasakan istri, serta apa yang perlu diperhatikan per minggunya. Terdapat ilustrasi perkembangan bayi dari awal hingga mendekati masa persalinan. Di bagian lain buku ini juga dibahas apa yang biasa istri alami ketika hamil beserta langkah untuk mencegah atau menanggulanginya. Tentang nutrisi apa yang baik untuk diberikan pada istri juga pantangan yang tak boleh dikonsumsi istri dibahas juga.

 

  • The Pregnancy and Baby Book

pregnancy baby bookBuku yang menurut saya seperti Ensiklopedi Kehamilan dan Bayi. Buku ini memuat informasi tentang dunia kehamilan dan dunia bayi hingga ia mencapai usia tiga tahun. Di dalam buku ini dibahas mulai persiapan pra kehamilan, apa yang terjadi di dalam perut dari bulan ke bulan, hingga perkembangan bayi dari mulai 0 bulan sampai 3 tahun. Selain itu juga berisi banyak tips yang disertai ilustrasi menarik. Mulai dari tips meracik MPASI, tips menyusui, hingga kiat asyik bermain dengan balita.

Buku ini menyajikan informasi dengan sangat baik dan menarik. Layout dan ilustrasi membuat betah membaca buku ini. Sembari sesekali membayangkan anak kita seperti yang digambarkan di buku itu. Cukup membuat antusias untuk mempelajari dan praktis untuk dilakukan.

Sangat sangat direkomendasikan untuk siapa aja yang ingin menjemput sang buah hati 😀

 

  • Sakinah Finance

Cov_sakina OKESatu hal penting dalam rumah tangga adalah perihal finansial. Bagaimanapun, finansial menjadi salah satu pondasi dalam rumah tangga. Darinya, kebermanfaatan bagi keluarga atau untuk hal yang lebih luas lagi akan didapat. Pengelolaan finansial yang baik akan mengantarkan keluarga pada ketentraman. Pengelolaan finansial yang baik juga akan membuat baik mimpi masing-masing anggota keluarga maupun mimpi satu keluarga utuh dapat terwujud. Pengelolaan finansial yang baik juga akan memberikan ruang untuk beramal dan berbagi dengan yang lain.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi siapapun yang menginginkan arus kas keluarga dan rencana-rencana keluarga dapat berjalan dengan baik. Bagi yang ingin dana pendidikan anak aman, bagi yang ingin saat pensiun tetap memiliki pegangan, bagi yang ingin berkeliling dunia bersama keluarga, juga bagi yang ingin keberkahan rezeki yang didapat tidak hanya dinikmati sendiri.

Buku ini tidak hanya membahas dari sisi praktis bagaimana mengelola uang, namun juga dari sisi fundamental mengapa perlu mengelola uang dan mengapa perlu mencari keberkahan rezeki yang didapat melalui zakat.

Kudu baca banget!

 

  • Mommy Abroad

mommy abroadBuku ini merupakan kumpulan tulisan dari para ibu yang menjalani kehamilan dan persalinan di luar negeri. Biasanya para istri yang sedang kuliah di luar negeri atau para istri yang sedang mendampingi suaminya berkuliah di luar negeri. Sangat baik untuk menjadi bayangan para pasangan yang ingin melahirkan anak di luar negeri.

Buku ini memuat kisah dari para ibu di berbagai belahan dunia. Mereka yang berada di negara-negara eropa, asia, amerika. Bagaimana perjuangan mereka hamil dan melahirkan di negara yang bebeda budaya dengan Indonesia. Perjuangan bulak-balik rumah sakit karena rumah sakit menilai sang ibu belum saatnya masuk ruang persalinan padahal kontraksi sudah mulai hebat, memilih rumah sakit yang baik dan direkomendasikan di negara tersebut, bagaimana tips dan trik melahirkan dan persalinan di masing-masing negara, dan sebagainya dibahas di dalam buku ini.

Buku karya ITB Motherhood ini sangat direkomendasikan untuk pasangan yang ingin mendapat bayangan bagaimana melewati kehamilan dan persalinan di luar negeri.

 

  • Sabtu Bersama Bapak

sabtu bersama bapakBuku tulisan Adithya Mulya ini mengisahkan tentang seorang Bapak yang tak dapat menemani lagi keseharian kedua anaknya karena penyakit yang dideritanya, namun nilai-nilai yang diajarkan Bapak ini tetap melekat bahkan hingga anak-anaknya menikah dan memiliki anak. Bapak ini mengajarkan anaknya berbagai macam nilai kehidupan melalui video yang diputar setiap sabtu sore oleh ibunya. Sehingga, walau Bapak telah tiada, video yang beliau buat senantiasa menjadi panduan kedua anaknya dalam menjalani hidup mereka di masa depan.

Ini buku yang inspiratif banget. Mengajarkan nilai-nilai yang perlu diterapkan dalam keluarga. Bagaimana agar tidak menyusahkan orang lain, bahwa saat belum dapat memberikan kebaikan untuk orang lain setidaknya dapat memberikan kebaikan untuk keluarga sendiri. Bagaimana sang Ibu bisa mandiri dan tidak bergantung pada kedua anaknya. Bagaimana Satya, sang putra sulung berjuang menjadi ayah terbaik untuk ketiga anaknya. Dan bagaimana Cakra, sang putra bungsu berjuang mendapatkan cinta sejatinya. Dan kehidupan mereka tak pernah lepas dari pesan Bapak yang tertuang dalam kumpulan video milik mereka.

Novel dengan gaya bahasa yang asik. Cocok untuk orang tua yang ingin menjadi teladan untuk anaknya, untuk anak yang ingin berbakti pada orang tuanya, untuk yang sedang mencari pasangan hidup, untuk yang sedang belajar menjadi suami-istri yang ingin membahagiakan satu sama lain. Two Thumbs Up buat buku ini!

 

  • Welcome to Your Child’s Brain

welcome to childs brainBahwa seorang bayi dapat membedakan mana kucing mana anjing bahkan sebelum ulang tahun pertama mereka. Bahwa ternyata pikiran seorang bayi tidak sesimpel yang dibayangkan. Di dalamnya terjadi banyak interaksi yang bahkan bisa membuat mereka memahami pola sebab-akibat dari suatu peristiwa yang mereka lihat. Bahwa tak perlu khawatir balita tak mampu membedakan mana bahasa Indonesia mana bahasa Inggris karena otaknya mampu mengidentifikasi secara otomatis. Banyak lagi cara berpikir anak yang belum diketahui. Buku ini menyajikan semuanya.

Buku ini dibuat berdasarkan penelitian dua ahli neurosains dengan referensi ratusan. Ditulis dengan mengacu pada penelitian-penelitian terkini dari dunia syaraf dan otak anak. Dua penulis buku ini tidak hanya mengupas informasi tentang otak anak dari sisi keilmuwan saja, namun juga dari sisi orang tua. Sehingga penyajiannya juga berbau nasihat untuk para orang tua dalam memastikan perkembangan kognitif dan emosi anak hingga ia beranjak remaja.

Dengan mengetahui cara kerja otak anak, kita bisa mengembangkan berbagai macam metode untuk melatih cara berpikir anak, bagaimana membuat anak memahami bakat dan kelebihannya, dan kapan harus menerapkan ketegasan, kedisiplinan, dan bersenang-senang.

Buku ini juga memuat tips-tips dalam mengembangkan otak, kepribadian, dan emosi anak. Recommended!

 


Baru baca segitu. Masih mencari nutrisi lain yang bagus untuk melewati kehidupan pernikahan di depan.

Punya rekomendasi? share donk! 😀

0 comments: On Bacaan Awal Pernikahan

Leave a Reply to Lu'lu Nöray Cancel reply

Site Footer

%d bloggers like this: