60 Tahun Ayah

Assalamualaikum Yah..

Hari ini, usia Ayah genap 60 tahun, jika Ayah masih ada di sini. Mulai besok, harusnya Ayah udah masuk masa purnabakti, dimana Ayah akan lebih banyak ngabisin waktu buat main sama De Geca. Dimana Ayah akan punya banyak waktu luang untuk jadi konsultan pribadi Zaky sebagai sesama ayah dan jadi supervisor pribadi De Rifa yang sekarang udah mulai masuk dunia perkuliahan. Dimana Ayah juga akan banyak ngisi waktu Ayah untuk bercengkrama sama dede Daehan, cucu Ayah.

Dulu Ayah pernah bilang, kalo Ayah ingin gendong cucu. Soalnya, selama ini orang-orang seringnya salah ngira kalo De Geca itu cucu Ayah. Dan Ayah juga selalu mengiyakan apa yang dikatain sama orang-orang itu. Sambil ketawa-ketawa juga kadang. Kalo Zaky coba nge-recall memori itu, satu sisi Zaky suka ingin ketawa. Tapi di sisi lain, ada semacam perasaan sedih setiap kali denger orang-orang bilang kayak gitu.

Salah satu dari beberapa alasan kenapa Zaky ingin nikah cepet juga karena Zaky ingin segera kasih cucu buat Ayah. Karena Zaky sendiri ngerasa, udah saatnya Ayah gendong cucu. Di usia dimana temen-temen sebaya Ayah udah pada punya cucu, Ayah masih di titik mengharap bisa gendong cucu. Zaky ga mau lagi ada scene dimana orang-orang salah ngira kalo De Geca itu cucu Ayah. Zaky ga tahan kalo denger orang-orang bilang kayak gitu.

Setiap kali liat Ibu gendong Daehan di sini, Zaky selalu inget Ayah. Zaky jadi tetiba inget gimana ekspresi Ayah waktu dulu bercanda minta cucu ke Zaky. Zaky jadi tetiba inget gimana antusiasme Ayah waktu denger Zaky bilang mau nikah. Zaky jadi inget wajah Ayah. Zaky jadi inget keinginan-keinginan Ayah. Zaky jadi ingin, kalo Ayah juga ada di sini, gendong Daehan. Zaky jadi ingin punya satu foto aja, foto Ayah lagi gendong Daehan.

Dulu Zaky punya cita-cita, di masa purnabakti Ayah, Ayah udah gendong cucu. Zaky ingin kado milad Ayah yang ke-60 adalah seorang cucu yang Ayah idamkan kehadirannya sejak dulu.

Yah. Sekarang, cucu Ayah udah di sini. Di momen pergantian usia Ayah jadi 60 hari ini, cucu Ayah udah di sini. Nunggu buat digendong Ayah. Nunggu buat diajak main sama Ayah.

Zaky mungkin ga sempat mempertemukan Ayah sama Daehan di sini. Tapi semoga Allah mempertemukan Ayah sama Daehan suatu saat nanti.

Selamat ulang tahun, Yah. Barakallah. Semoga Allah senantiasa melapangkan kubur Ayah, menerangi kubur Ayah, dan memuliakan Ayah selalu.

Zaky sayang Ayah.

Pengagum setiamu,

Zaky

Komentar

Site Footer

%d bloggers like this: